Get Adobe Flash player

Cari Artikel

Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday63
mod_vvisit_counterThis week1850
mod_vvisit_counterThis month11263
mod_vvisit_counterAll374034

Your IP: 54.211.227.36
Now: 2017-02-22 08:32

BPAD Provinsi DKI Jakarta, memperingati Hari Buku Dunia, berpartisipasi dalam rangkaian acara “Pekan Buku : Literasi Keluarga, Literasi Sekolah dan Literasi Masyarakat” yang diselenggarakan oleh Komunitas Titian Insan Cemerlang (TIC). Bertempat di Perpustakaan Umum Cikini, BPAD menjadi tuan rumah 2 agenda acara yaitu Wisata Buku dan Perpustakaan serta Pelatihan Penulisan Kreatif.

Bertajuk Wisata Buku dan Perpustakaan, acara diselenggarakan pada hari Senin, 16 Mei 2016 dengan mengajak partisipasi Himpunan PAUD Indonesia. Wisata buku dan perpustakaan menjadi semakin meriah dengan hadirnya 270 anak PAUD di sekitar DKI Jakarta. Jumlah ini jauh melampaui target semula yang hanya 150 orang. Keceriaan acara wisata buku dibuka dengan sambutan oleh ketua panitia dan sambutan perwakilan BPAD Provinsi DKI Jakarta yang diwakili oleh Ricke Gartina (Pustakawan BPAD). Dilanjutkan dengan rangkaian acara yang dimulai dengan pertunjukan sulap oleh Kak Thomas. Adik-adik semakin antusias ketika dibawa berkeliling perpustakaan dan melihat seluruh koleksi yang ada di perpustakaan cikini yang dipandu oleh Dian Mardiana (Pustakawan BPAD).

 

Suasana semakin seru ketika Kak Chacha menjelaskan tentang aturan dan tata tertib di perpustakaan, tidak berhenti sampai disitu, tawa dan tepuk tangan bergemuruh tatkala Kak Iki membawakan dongeng tentang Aisyah yang senang membaca buku dan selalu pergi ke perpustakaan. Tak kalah seru, anak-anak PAUD sangat antuias untuk membaca buku di perpustakaan dengan didampingi petugas perpustakaan. Senyum bahagia, dan tawa gembira terpancar dari wajah anak-anak PAUD yang mengakhiri acara wisata buku dan perpustakaan dengan foto bersama seraya mengucap “LITERASI….!”.

 

Perpustakaan Cikini kembali menjadi bagian acara Pekan Buku, sebagai tuan rumah pelaksanaan kegiatan penulisan kreatif, Jumat 20 Mei 2016,  yang ditujukan bagi guru PAUD dan masyarakat umum yang berjumlah 50 peserta. Acara diawali dengan sosialisasi aplikasi Ijakarta yang disampaikan oleh Norma Tridiana (Pustakawan BPAD), yang menjelaskan cara mengunduh dan menggunakan aplikasi Ijakarta untuk kemudahan membaca di mana dan kapan saja. Dilanjutkan dengan penulisan kreatif yang menghadirkan Nanda (Penulis Majalah Dinding Pelangi) dan Kirana Kejora (Penulis Buku Air Mata Terakhir Bunda). Tidak hanya sekedar teori, pelatihan menulis ini mengajak peserta untuk langsung belajar menulis. Hasil tulisan diulas dan dibahas oleh pembicara untuk diberikan masukan guna melengkapi dan menyempurnakan tulisan peserta. Peserta penulisan merasakan dampak yang positif dari kegiatan ini, dan berharap kegiatan serupa akan dilaksanakan lagi. Salam literasi…. [NT]